Pedagang Indonesia Juara Di Instagram, Facebook Dan WhattsApp Kedua Se-Asia
Berdasarkan laporan Asia Social Commerce Report yang dihimpun PayPal, pertumbuhan akses internet di Asia sudah mencapai 92 persen
dengan kepemilikan smartphone mencapai 88 persen. Data tersebut dihimpun dari 4.000 konsumen di tujuh pasar di wilayah Asia yakni China,
India, Hong Kong, Singapura, Thailand, Filipina, dan Indonesia. Penelitian turut melibatkan pedagang kecil dan medium. Laporan tersebut juga
mengungkap fakta bahwa 67 persen warga Asia gemar berbelanja online. Sebesar 80 persen pedagang online di Asia, mengaku menjajakan
produknya di media sosial, di mana 80 persennya adalah para pedagang online Indonesia. Facebook bersaudara mendominasi platform yang
menjadi lapak para pedagang Asia, tak terkecuali Indonesia. Tercatat, Indonesia menjadi negara kedua tertinggi yang memanfaatkan Facebook
untuk membuka lapak online dengan persentase 92 persen, di bawah Filipina yang mencapai 94 persen. Selain Facebook, platform populer
yang menjadi favorit para pedagang online adalah Whats App yang digemari 76% pedagang online Indonesia disusul oleh Instagram sebanyak 72%.
http://hargajateng.org/pedagang-indonesia-juara-di-instagram-facebook-dan-whattsapp-kedua-se-asia