Nama MetadataProporsi penduduk yang tinggal di daerah dengan RTRW yang sudah dilengkapi KLHS
Kategorivariabel
KonsepProporsi penduduk yang tinggal di daerah dengan RTRW yang sudah dilengkapi KLHS
DefinisiPerencanaan tata ruang di daerah terdiri dari berbagai jenis dokumen yang dibedakan berdasarkan tingkatan dan skala wilayah. Dari sekian banyak jenis dokumen perencanaan tata ruang, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) memuat dimensi spasial dalam perencanaan pembangunan. Dokumen tersebut disusun berdasarkan berbagai pertimbangan teknokratis, salah satunya adalah Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS).
Dalam amanat UU nomor 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, KLHS adalah rangkaian analisis yang sistematis, menyeluruh, dan partisipatif untuk memastikan bahwa prinsip pembangunan berkelanjutan telah menjadi dasar dan terintegrasi dalam pembangunan suatu wilayah dan/atau kebijakan, rencana, dan/atau program. KLHS merupakan instrumen pencegahan kerusakan lingkungan, sehingga setiap program pembangunan harus memiliki kajian yang mendalam terkait aspek lingkungan. KLHS juga dapat menjadi landasan untuk perbaikan kebijakan dan program perencanaan di masa depan.
Dalam RTRW dan KLHS, pertimbangan mengenai proyeksi kependudukan serta dinamika lainnya telah menjadi bagian yang tidak terpisahkan kedua dokumen tersebut. Di samping itu, RTRW umumnya memiliki analisis terkait keterkaitan dengan wilayah sekitar, sehingga indikasi program yang direncanakan juga harus selaras dengan daerah sekitar. Untuk kapasitas fiskal, RTRW melampirkan kebutuhan anggaran untuk memenuhi perencanaan spasial di daerah tersebut. Artinya, kedua dokumen tersebut dapat menangkap perkembangan dan dinamika terkait kependudukan, kewilayahan, dan kapasitas fiskal daerah.
Referensi Pemilihan
WaktuTahunan
TipedataInteger
Klasifikasi Isian
Aturan Validasi
Kalimat Pertanyaan