Selasa, 30 Januari 2024

WALIDATA DAN BPS KUKUHKAN AGEN STATISTIK DI 17 KELURAHAN

Sahabat Data,

Pagi ini Kepala Dinas Kominfo dan Statistik selaku Walidata mengukuhkan 40 Agen Statistik yang berasal dari Kecamatan dan Kelurahan se-Kota Magelang. Pengukuhan juga dihadiri oleh Kepala BPS Kota Magelang selaku Pembina Data. Pengukuhan dilakukan secara simbolis dengan penyematan pin agen statistik dengan jargon DATANE BENER MASYARAKATE PINTER.

Pada agenda ini juga dilaksanakan rakor persiapan pendataan Profil Kelurahan Tahun 2024 dan desk verifikasi data statistik kelurahan dalam portal satu data Kota Magelang. Agen statistik berperan penting sebagai ujung tombak penyediaan data di level Kelurahan dan dalam kegiatan forum satu data Kota Magelang. Tidak hanya berkontribusi dalam agenda penguatan Kelurahan Cinta Staitsik (Kelurahan Cantik), namun agen-agen statistik ini juga berperan aktif dalam pengelolaan data Kelurahan di portal satu data Kota Magelang. Ke depan para agen juga akan dibekali dengan Training of Trainers (ToT), sehingga mampu secara mandiri membina agen-agen lain di level RT/RW dan mendampingi berbagai kegiatan statistik skala kota yang dilaksanakan di level Kelurahan.

Pengukuhan ini akan dilanjutkan dengan berbagai agenda bimbingan teknis dan coaching clinic dengan mengangkat tema strategis di bidang statistik, dengan harapan kapasitas para agen semakin meningkat sehingga secara linear juga akan meningkatkan kualitas tata kelola data di Kelurahan.