Jum'at, 2 Februari 2024

SEKDA TEGASKAN PENTINGNYA SATU DATA UNTUK MENDUKUNG SPBE DAN E-WALIDATA SIPD-RI

Sahabat Data,

Pagi ini seluruh Produsen Data se-Kota Magelang yang berasal dari OPD, instansi vertikal, rumah sakit swasta, BUMD dan institusi pendidikan mengikuti rembug data tahun 2024 di Ruang Adipura Kencana Setda Kota Magelang.

Forum dibuka oleh Sekda Kota Magelang dan dihadiri juga oleh Kepala BPS Kota Magelang beserta tim statistik sektoral. Dalam sambutannya Sekda menyatakan bahwa kolaborasi SPBE dan Satu Data merupakan kunci keberhasilan penerapan e-government. Ditegaskan bahwa Produsen Data harus berkomitmen dan konsisten memberikan kontribusi data secara valid dan tepat waktu. Sekda juga mengimbau kepada seluruh OPD penyedia data mikro untuk menyediakan kelengkapan data spasial bagi pengayaan basis data perencanaan pembangunan.

Kepala Dinas Kominfo dan Statistik dalam laporannya menyatakan bahwa rembug data merupakan media untuk meningkatkan literasi, kapasitas dan sebagai forum untuk menginventarisir isu serta kendala dalam pengelolaan satu data Kota Magelang.

Hadir selaku narasumber dari Kepala BPS Kota Magelang, Bapperida Kota Magelang dan dari Bidang Statistik Persandian Diskominsta Kota Magelang. Dalam agenda tersebut juga disampaikan rapor kinerja Produsen Data, achievement pengelolaan satu data Kota Magelang di tahun 2023, pemetaan data baru untuk potensi pengayaan di 2024 dan 2025, percepatan publikasi DSSD pada e-Walidata serta persiapan EPSS 2024.