Rabu, 24 Januari 2024

WALIDATA LAKUKAN DESK PENJAMINAN KUALITAS DATA SEKTORAL DI PORTAL DATAGO

Sahabat Data,

Penjaminan kualitas data dilakukan secara rutin oleh Walidata baik secara mandiri maupun dengan pendampingan oleh BPS Kota Magelang selaku pembina data statistik.

Pagi ini Walidata melakukan desk data kepada Produsen Data yang merupakan tahapan penjaminan kualitas tahap ke-2 setelah sekitar 6.000 data difilter dan divalidasi secara realtime oleh virtual assistant system Bang Data. Penjaminan kualitas tahap pertama dilakukan oleh sistem untuk memindai keterisian data, konsistensi data lintas indikator dan kelengkapan data. Sementara di tahap ke-2 difokuskan pada pemantauan kewajaran data lintas waktu serta penegasan data sebelum didiseminasi oleh Walidata.

Desk dipandu oleh tim Walidata head to head dengan Produsen Data sehingga diperoleh galian informasi yang komprehensif. Saat ini portal satu data Kota Magelang (DataGO) selain dilengkapi dengan virtual assisstant yang mampu memverifikasi ribuan data secara cepat juga dilengkapi dengan rapor kinerja realtime sehingga dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kinerja Walidata. Penggunaan TIK dalam hal ini terbukti dapat mengeleminir salah satu kendala kekurangan SDM sehingga kualitas kinerja tetap terjaga.