Jum'at, 4 Oktober 2019

Bintek Surveyor Survei Sosial Ekonomi Eksisting Kota Magelang (SUSEE19)

 

Sebagai rangkaian kegiatan survei SUSEE19, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang melaksanakan bintek terhadap 20 surveyor, 4 pengawas lapangan dan tim peneliti. Instruktur berasal dari BPS Kota Magelang, dengan materi pendalaman substansi kuesioner SUSEE19.

Bintek direncanakan terlaksananya selama dua hari, 15-16 April 2019 dan akan dilanjutkan dengan worskhop input data pada 6 Mei 2019. Workshop diselenggarakan dengan kerjasama Bappeda Kota Magelang dan tim developer aplikasi Kolom Informasi Kesejahteraan Sosial Masyarakat secara Elektronik (KISSME) yang merupakan portal basis data kemiskinan di Kota Magelang.

Hasil survei akan diintegrasikan secara langsung dengan aplikasi KISSME sehingga dapat langsung digunakan sebagai data mikro bagi referensi perumusan kebijakan penanggulangan kemiskinan di Kota Magelang.

SUSEE19 akan mendata 1000 rumah tangga miskin untuk mengetahui dinamika kehidupan sosial, termasuk keterlibatan dalam dunia kerja dan potret ekonomi eksistingnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pionir pembentukan basis data sosial ekonomi mikro yang dapat diperkaya substansinya di masa mendatang guna peningkatan kualitas kebijakan dan program pro poor di Kota Magelang.

Salam Data!