Kamis, 11 April 2019

Coaching Clinic Forum Data 2019

 

Dalam rangka peningkatan kapasitas pengelola dataGO, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang menyelenggarakan coaching clinic tata kelola data sektoral yang dirangkai dalam acara forum data triwulan II 2019.

Forum data Kota Magelang secara rutin diselenggarakan tiap triwulan dengan kegiatan yang bervariasi. Dalam coaching clinic kali ini para produsen data di Kota Magelang diberikan materi tentang tata cara penyajian dan pengelolaan data yang baik.

Dalam kesempatan ini juga digali data-data strategis yang ada disetiap produsen data dan belum terinvetarisir dalam sistem dataGO. BPS Kota Magelang sebagai narasumber juga memberikan kritisi dan masukan terhadap implementasi data terbuka Kota Magelang yang selama ini telah dilaksanakan. Input dari BPS dan audiens tersebut dapat digunakan sebagai referensi pengembangan sistem di periode mendatang.

Melalui coaching clinic ini diharapkan kemampuan pengelola data dari setiap pengelola / produsen data di Kota Magelang makin meningkat. Keberadaan portal data terbuka pada dasarnya tidak dapat bertahan dan tidak akan mampu mempublikasikan data-data yang berkualitas secara berkelanjutan jika tidak diimbangi dengan kuatnya kebijakan dan mantapnya kompetensi pengelola data.

Dari sisi kebijakan pemerintah Kita Magelang telah memiliki perarturan daerah tentang satu data informasi pemerintahan daerah yang akan disosialisasikan dalam forum data triwulan III 2019.

Melalui koordinasi forum data yang efektif, perumusan kebijakan yang tepat dan penguatan kapasitas pengelola yang baik pemerintah Kota Magelang selalu berupaya untuk menjaga komitmen dan meningkatkan peran dalam mendukung terciptanya Satu Data Indonesia.

Salam Data!