Selasa, 23 Maret 2021

60 PRODUSEN DATA KOMIT SUKSESKAN RENCANA AKSI SATU DATA KOTA MAGELANG


Wali Data Kota Magelang, Dinas Kominfo dan Statistik melaksanakan forum satu data yang pertama di tahun 2021, Rabu (24/3/2021) di Borobudur International Golf & Country Club. Acara dihadiri oleh Kepala BPS Kota Magelang selaku Pembina Data dan Kepala Bappeda Kota Magelang selaku Koordinatir Data. Sejumlah 60 produsen data dari OPD, instansi vertikal, BUMN, BUMD, lembaga pendidikan dan institusi swasta turut hadir dalam forum tersebut. 

 

Pelaksanaan forum satu data merupakan amanat Peraturan Wali Kota Magelang Nomor 58 Tahun 2020 tentang pelaksanaan Perda Kota Magelang Nomor 15 Tahun 2018 tentang  Satu Data Informasi Pemerintahan Daerah. Pada agenda kali ini BPS Kota Magelang memberikan coaching clinic terkait penyusunan metadata. 

 

Setelah forum ini diharapkan produsen data Kota Magelang mampu menyusun metadata terhadap seluruh variabel yang menjadi tanggung jawab kontribusinya dalam portal data terbuka Kota Magelang. Sampai dengan saat ini dari total 1.135 variabel yang termuat dalam rencana aksi kebutuhan data daerah tahun 2021 sudah terdapat 70 persen variabel yang memiliki metadata lengkap. Kesempatan ini pula menjadi ajang diskusi dan verifikasi metadata oleh Pembina Data. 

 

Di sela acara, dilakukan serah terima buku Data Strategis Kota Magelang (DSKM) tahun 2021 dari Kepala Dinas Kominfo dan Statistik kepada Kepala Badan Pusat Statistik. Terbitan ini dirilis awal Maret 2021 silam. Serah terima ini sebagai salah satu potret komitmen dan sinergi antara Wali Data dan Pembina Data yang selama ini terjalin dengan baik di Kota Magelang. 

 

Produk DSKM ini sejak tahun 2010 telah menjadi publikasi berbasis data yang mandiri dilakukan Pemkot Magelang dan menyumbang peran signifikan dalam terbitan Kota Magelang dalam Angka milik BPS Kota Magelang. Pada perjalanannya, seiring peran forum satu data yang semakin optimal, DSKM yang semula hanya terbit periode tahunan, kini mampu terbit periode semesteran bahkan beberapa data dirilis setiap triwulan pada portal DataGO.