Jum'at, 3 April 2020

Inisiasi Inovasi Pemantauan Harga Kota Magelang

Menindaklanjuti masukan dari Tim Pengendali Inflasi Daerah dan mengakomodir kebutuhan masyarakat Kota Magelang yang menuntut adanya kemudahan akses data harga komoditas pokok harian secara realtime, maka Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Kominfo dan Statistik menginisiasi rencana perumusan inovasi baru untuk menyajikan data terkini terkait perkembangan harga di 3 pasar besar. Ketiga pasar tersebut adalah Pasar Gotong Royong, Pasar Kebon Polo dan Pasar Rejowinangun.

Sebagaimana diketahui Dinas Kominfo dan Statistik merupakan wali data Kota Magelang yang bertugas menyediakan statistik sektoral dan publikasi data strategis untuk level Kota Magelang.Inovasi implementasi data terbuka melalui DataGO di tahun 2019 telah mampu meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik. 

Inovasi pemantauan harga komoditas ini direncanakan akan diintegrasikan dengan DataGO dan Telegram sehingga dapat dengan mudah diakses masyarakat. Inovasi akan diuji selama satu tahun dan dirilis resmi di tahun 2020 dengan nama IndiGO (Pemantauah Inflasi melalui DataGO). Uji coba telah dilakukan dengan hasil yang memuaskan. Tidak hanya menyajikan harga realtime, namun IndiGO juga mampu memberikan notifikasi jika terdapat harga komoditas yang bergejolak atau melampaui target koefisien variasei yang ditentukan. Dengan inovasi ini harapannya TPID dapat memiliki early warning sistem sehingga kebijakan pengendalian harga di Kota Magelang dapat dilakukan dengan cepat berbasis data akurat.