Rabu, 22 Juli 2020

LAGI, KOTA MAGELANG TERPILIH MENJADI RUJUKAN BEST PRACTISE PENGELOLAAN STATISTIK SEKTORAL


 

Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Kominfo dan Statistik sejak tahun 2015 telah menginisiasi portal satu data (DataGO) sebagai komitmen mendukung Satu Data Indonesia. Penghargaan telah disabet dari level lokal sebagai inovasi OPD/BUMD terbaik 2018, Badan Publik dengan pengelolaan portal data terbaik se-Jateng 2017 dan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik 2019.

Apresiasi digaungkan oleh banyak kabupaten/kota. Kota Magelang juga menjadi daerah rujukan bagi studi komparasi beberapa pemerintah daerah di Indonesia. Di skala pusat, setelah Kementrian Sekretariat Negara, Lembaga Administrasi Negara dan Kementrian Sosial hadir dan melakukan studi terkait DataGO, kembali pada tanggal 3 Agustus 2020 mendatang Kementerian Agraria dan Tata Ruang/BPN RI juga akan melakukan studi lapangan ke Kota Magelang. Fokus studi adalah best practise pengelolaan statistik sektoral melalui DataGO.

Studi ini akan dilakukan oleh kelompok diklat kepemimpinan pengawas angkatan IV Kementrian Agraria dan Tata Ruang dari seluruh Indonesia melalui zoom meeting. Pada hari ini perwakilan dari PPSDM Kementrian Agraria dan Tata Ruang hadir untuk mendiskusikan agenda tersebut dan diterima oleh Sekretaris dan Kepala Bidang Statistik Dinas Kominfo dan Statistik Kota Magelang.

Hasil koordinasi tersebut menegaskan bahwa rangkaian studi lapangan direncanakan mulai tanggal 3 sampai dengan 7 Agustus 2020 yang meliputi ceramah, eksplorasi data dan seminar review laporan. Melalui studi ini diharapkan Pemerintah Kota Magelang memperoleh masukan konstruktif bagi peningkatan kualitas tata kelola statistik di masa mendatang. (diskominsta)