Rabu, 17 Juni 2020

Diskominsta Kota Magelang Luncurkan Inovasi IndiGO: Early Warning System Gejolak Harga Melalui Portal DataGO

 

Keberadaan data merupakan referensi utama yang penting bagi lahirnya evidence based policy making. Pemerintah Kota Magelang telah mendapatkan berbagai apresiasi atas prestasinya dalam mengelola data sektoral melalui kelembagaan forum data yang solid dan keberadaan portal data terbuka yang berkualitas. Pengelolaan data sektoral di Kota Magelang telah dilaksanakan berdasar pada Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia dan Peraturan Daerah Kota Magelang Nomor 15 Tahun 2018 tentang Satu Data Informasi Pemerintahan Daerah. Implementasi satu data di Kota Magelang melalui portal DataGO telah menjadi rujukan berbagai pihak di Indonesia dan merupakan pengelolaan data sektoral terbaik di Jawa Tengah. Keberadaan DataGO dan portal data terbuka Kota Magelang yang telah terintegrasi dengan portal Satu Data Jawa Tengah dan Satu Data Indonesia di bawah naungan Kantor Staf Presiden Republik Indonesia berhasil meraih penghargaan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik di tahun 2019.

DataGO merupakan portal data satu pintu yang menyajikan publikasi statistik sektoral, termasuk di dalamnya adalah data realtime perkembangan harga komoditas bahan pokok yang menjadi dasar pemantauan gejolak harga oleh Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Untuk meningkatkan dukungan terhadap kinerja TPID dan sebagai komitmen Pemerintah Kota Magelang dalam menumbuhkembangkan budaya inovasi, melalui Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik DataGO dikembangkan sebagai early warning system pemantauan gejolak harga melalui pembentukan aplikasi IndiGO (Pemantauan Inflasi Melalui DataGO). 

IndiGO merupakan modul yang terintegrasi antara DataGO dengan gawai/telepon genggam seluruh anggota TPID melalui aplikasi Telegram. Kehadiran IndiGO bertujuan untuk menyajikan perkembangan data harga komoditas harian secara realtime yang terintegrasi dan mengirimkan allert atau notifikasi peringatan ke telepon genggam seluruh anggota TPID jika terdapat komoditas dengan harga yang mendekati (85% dari batas koefisien variasi) dan atau melebihi batas koefisen variasi yang ditetapkan. Masyarakat juga dapat memantau harga di tiga pasar besar di Kota Magelang (pasar Kebon Polo, pasar Rejowinangun dan pasar Gotong Royong) setiap hari secara realtime dalam IndiGO ini. Melalui IndiGO, maka early warning system berbasis data dimiliki oleh TPID Kota Magelang sehingga pergerakan harga dapat terpantau dengan rutin dan gejolak harga dapat terantisipasi dengan cepat.