Jum'at, 4 Oktober 2019

DataGO Inovasi Kota Magelang Masuk Ke Top 99 Inovasi Nasional Tahun 2019

 

Kota Magelang kembali meraih prestasi kali ini dalam kompetisi Inovasi Pelayanan Publik di Lingkungan Kementrian/Lembaga, Pemerintah Daerah, BUMN dan BUMD Tahun 2019. Inovasi Data Kota Magelang Open (DataGO) yang diusung pada ajang tersebut mampu masuk Top 99 nasional setelah melalui penilaian dari tim panel independen. Pada rakor Top 99 di Kemeterian PAN dan RB pada hari ini (12/06/2019) dikemukakan bahwa tahun ini sebanyak 331 instansi mengikuti kompetisi dengan 3.156 proposal terdaftar. Dari keseluruhan tersebut terseleksi sebanyak 1.872 proposal inovasi yang lolos seleksi administrasi dan terpilih 99 inovasi terbaik.

Tahun 2019 Provinsi Jawa Tengah merupakan wilayah dengan inovasi terbanyak yang lolos Top 99. Hal tersebut mengindikasikan adanya performa inovasi layanan masyarakat yang dinamis di Jawa Tengah sebagai penunjang reformasi birokrasi dan pembangunan berkelanjutan.

DataGO telah dirintis sejak akhir 2014 sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kota Magelang dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik khususnya pada penyediaan data sektoral yang valid, up to date dengan akses yang mudah dan murah. DataGO berhasil memberikan dampak signifikan dalam peningkatan performa tata kelola data sektoral di Kota Magelang sehingga tercipta evidence based policy making yang disertai dengan partisipasi konstruktif masyarakat.

Apresiasi yang tinggi diberikan kepada seluruh produsen data yang tergabung dalam forum DataGO baik dari OPD, instansi vertikal, lembaga swasta maupun institusi pendidikan di Kota Magelang. Kemitraan yang terjalin dengan baik merupakan salah satu faktor penting keberhasilan implementasi data terbuka di Kota Magelang. DataGO dipersiapkan untuk masuk sebagai salah satu artikel dalam buku Top 99 Inovasi Pelayanan Publik yang merupakan referensi internasional.

Sampai saat ini DataGO terus dikembangkan agar inovasi tidak terhenti. Di era disrupsi ini kreatifitas mutlak diperlukan agar eksistensi terjaga, salah satunya dengan mengintegrasikan DataGO ke portal data terbuka Jateng dan portal Satu Data Indonesia. DataGO diharapkan terus dapat berkembang dan berkontribusi dalam meningkatkan layanan publik di Kota Magelang.