Senin, 1 April 2024

PEMANFAATAN GEOPORTAL UNTUK INOVASI DAN REFRENSI KEBIJAKAN

Sahabat Data, 

Dengan eksistensi geoportal Kota Magelang yang telah terintegrasi ke portal satu data Indonesia tidak hanya dimanfaatkan oleh Pemerintah Kota Magelang untuk publikasi peta dasar saja, namun juga dimanfaatkan sebagai media inovasi dan platform diseminasi statistik sektoral mikro yang dapat digunakan untuk dasar penentuan kebijakan.

Beberapa diantaranya adalah pemanfaatan geoportal untuk pemantauan live CCTV di Kota Magelang. Pengguna data dapat memanfaatkan geoportal untuk memantau streaming tangkapan layar CCTV di beberapa titik strategis secara realtime. Selain itu geoportal juga dimanfaatkan untuk diseminasi statistik sektoral hasil survei kemiskinan yang dilengkapi dengan foto rumah tangga sasaran, sehingga pemangku kebijakan dapat mencermati bagaimana kondisi fisik rumah, atribut penerangan, air minum, pembuangan tinja, luas lantai, jenis atap, jenis dinding dan lain-lain sebagai referensi perumusan intervensi kebijakan.

Melalui pendampingan BIG, ke depan diharapkan Produsen Data se-Kota Magelang semakin mandiri dan inovatif dalam menyediakan data-data spasial untuk pengayaan satu data Kota Magelang.