Senin, 1 April 2024

INTEROPERABILITAS DATAGO DAN PORTAL OPEN DATA CKAN KOTA MAGELANG TERPUBLIKASI VIA SPLP

Sahabat Data,

Sebagai salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kota Magelang untuk mendukung penerapan salah satu prinsip Satu Data Indonesia yaitu interoperabilitas, Walidata Kota Magelang telah mendaftarkan dan mempublikasikan API untuk portal satu data Kota Magelang (DataGO) dan portal open data Kota Magelang berbasis CKAN melalui Sistem Penghubung Layanan Pemerintah (SPLP).

Sementara ini API yang disediakan adalah cek harga komoditas bahan pokok dan strategis lainnya yang realtime didiseminasi dari 3 pasar di Kota Magelang serta 47 API dari open data. Pengembangan penyediaan API melalui SPLP ini akan terus ditingkatkan sesuai dengan dinamika data di Kota Magelang dan sebagai wujud semangat Kota Magelang dalam mengimplementasikan amanah Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 1 Tahun 2023 tentang Interoperabilitas Data Dalam Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik dan Satu Data Indonesia.

Bagi user yang telah terdaftar di portal SPLP, pemanfaatan API tersebut dapat dicari pada tautanhttps://splp.layanan.go.id/devportal/apis