Selasa, 6 Februari 2024

WALIDATA GODOG PENGEMBANGAN DATAGO V.4

Sahabat Data,

Setelah diperluasan aksesnya melalui platform android, kini DataGO sebagai portal satu data Kota Magelang juga telah dilengkapi dengan Rapor Kinerja Produsen Data Realtime, Pengelolaan Data Mikro (by name by address), Diseminasi Indeks Perkembangan Harga, dan Menu Cetak Konten Buku Data Strategis Kota Magelang secara otomatis.

Rapor kinerja digunakan untuk menjaga komitmen, dan menilai bagaimana kinerja/disiplin Produsen Data sehingga pengumpulan data mampu tercapai target sesuai timeline. Rapor ini dapat diakses dan terkalkulasi secara realtime dari progres entry data yang dilakukan oleh sejumlah 80 Produsen Data.

Pengelolaan data mikro disediakan dengan akses khusus mengingat merupakan data dikecualikan. Data ini berasal dari survei skala kota yang dilakukan oleh Walidata dan juga oleh OPD. Sementara sajian Indeks Perkembangan Harga dilakukan secara mingguan berdasar data BPS yang dilengkapi dengan tren grafis untuk mendukung fitur data harian sebagai kontrol laju inflasi di Kota Magelang.

Menu cetak konten buku Data Strategis Kota Magelang diperuntukkan bagi Walidata sehingga tidak perlu melakukan layout manual buku, namun cukup menarik data dari DataGO yang telah ditabulasi dengan rapi, sehingga proses penyusunan buku menjadi lebih cepat.

Pemanfaatan teknologi dapat menjadi sarana peningkatan kualitas kinerja dan layanan publik. Inovasi yang ada akan selalu dikembangkan terus menerus oleh Walidata mengingat perkembangan teknologi dan data yang sangat dinamis.