Senin, 17 Februari 2020

Komit Berbudaya Inovasi, Pemkot Magelang Merilis DataGO Versi 2

 

Bertempat yang sama dengan launching versi perdananya, hari ini kembali Pemerintah Kota Magelang melalui Dinas Kominfo dan Statistik merilis DataGO v.2 di Borobudur International Golf&Country Club (22/10/2019). Pemilihan tempat sengaja ditentukan untuk bernostalgia terhadap semangat dan kerja keras Pemkot Magelang pada awal merintis pembentukan sistem informasi tata kelola data sektoral di akhir 2014 silam yang merupakan embrio portal data terbuka di Jawa Tengah.

 

Acara diikuti produsen data lintas sektor yg tersebar dari OPD, BUMD, instansi vertikal, lembaga swasta dan institusi pendidikan di Kota Magelang. Sebelum meresmikan dashboard data sektoral ini, Kepala Dinas Kominfo dan Statistik, Catur Budi Fajar Sumarmo memberikan arahan yang menegaskan bahwa keberhasilan dan prestasi yg diperoleh DataGO sampai sejauh ini adalah berkat komitmen seluruh pihak khususnya para produsen data. Catur menyampaikan apresiasi dan mendorong agar produsen data di Kota Magelang terus bersemangat dan bededikasi membangun sistem tata kelola data sektoral Kota Magelang yang semakin baik.

Sebagaimana diketahui sejak dirintis di 2014, DataGO telah mendapat apresiasi. Studi tiru dan duplikasi telah banyak dilakukan oleh berbagai pemerintah daerah di Indonesia termasuk dari lingkup kementrian terkait ide inovasi ini. Rentetan prestasi pun tak ketinggalan disabet dari tahun ke tahun. Sebut saja KIP Award 2017, IGA 2017, Krenova terbaik tingkat OPD/BUMD se-Kota Magelang di tahun 2018, IGA 2019 dan Top 99 Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Pemerintah Daerah/BUMD/BUMN dan Kementrian di tahun 2019.

Harumnya nama Pemkot Magelang melalui DataGO tidak semata karena aplikasi yg ada. Pada dasarnya DataGO hanya merupakan tools berbasis TIK yang mempermudah proses bisnis manajemen data di Kota Magelang. Keunggulan dan prestasi dicapai lebih karena faktor komitmen Walikota Magelang dan jajarannya terhadap keterbukaan data, dan semangat yang luar biasa dari para produsen data untuk berkontribusi dalam mewujudkan Satu Data Indonesia dari level terkecil.

Terus berinovasi Pemkot Magelang! Salam Data!