Jum'at, 31 Mei 2024

AUNDIENSI WALIDATA BERSAMA WALI KOTA MAGELANG TERKAIT HASIL PENGUKURAN INDEKS KEBAHAGIAAN

Sahabat Data,

Pagi ini Walidata melakukan audiensi dengan Walikota Magelang terkait hasil pengukuran indeks kebahagiaan Kota Magelang Tahun 2024.

Pengukuran indeks kebahagiaan sampai dengan tahun 2021 tidak dilakukan oleh BPS untuk level Kabupaten/Kota. Oleh karenanya kegiatan Survei Pengukuran Tingkat Kebahagiaan (SPTK) yang dilakukan oleh Pemkot Magelang melalui Walidata merupakan inisiasi strategis untuk memotret pencapaian visi Walikota Magelang yaitu "Kota Magelang Maju, Sehat dan Bahagia", khususnya pada indikator "Bahagia".

Hadir dalam audiensi diantaranya Kepala Bapperida Kota Magelang, Kepala BPS Kota Magelang serta Tim Peneliti dari UGM. Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Kota Magelang, Muchamad Abdul Azis selaku Walidata menjelaskan bahwa SPTK 2024 di Kota Magelang ini dilakukan pada bulan Maret 2024 dengan sampel 500 KK di 17 Kelurahan. SPTK24 melibatkan partisipasi mitra BPS dalam pencacahan lapangan.

Dari hasil survei diperoleh bahwa indeks kebahagiaan Kota Magelang mencapai angka 79,99.  

Walikota Magelang, dr. H. Muchamad Nur Aziz menyampaikan apresiasi atas kegiatan SPTK24 dan berharap agar kegiatan ini dapat kontinu dilaksanakan untuk memotret kebahagiaan masyarakat seiring dengan peningkatan pembangunan yang dilakukan di Kota Magelang. Walikota juga menyatakan bahwa Pemerintah Kota Magelang selalu berkomitmen untuk bekerja melalui data.

Hasil SPTK24 selanjutnya akan digunakan sebagai referensi pemetaan kebijakan dari berbagai aspek seperti pengarusutamaan gender, peningkatan kapasitas dan pengembangan diri penduduk, peningkatan kualitas hidup lansia, peningkatan kualitas kehidupan sosial masyarakat, peningkatan pendapatan dan sebagainya.

Saat ini Walidata sedang mempersiapkan serah terima raw data by name by address hasil SPTK24 untuk diserahkan kepada Bapperida selaku Koordinator Forum Satu Data Kota Magelang sebagai pengayaan basis data mikro Kota Magelang.