Jum'at, 4 Oktober 2019

Updating Data Kemiskinan Kota Magelang Mulai Dibenahi

Sebagai bagian dari Kegiatan Survei Sosial Ekonomi Eksisting(SUSEE19) Kota Magelang, dengan menggandeng Bappeda, BPS dan Universitas Tidar, Dinas Kominfo dan Statistik Kota Magelang mengintegrasikan data hasil survei dalam sistem informasi KISSME yang merupakan basis data terpadu kemiskinan rintisan Bappeda Kota Magelang. Integrasi diawali dengan kegiatan workshop input data yang dilaksanakan pada hari ini di aula Badan Litbang Kota Magelang (9 Mei 2019).

Kegiatan ini didampingi oleh instruktur dari BPS Kota Magelang dan developer dari PT Integra Inovasi Indonesia. Tim surveyor dan pengawas dari Universitas Tidar dihadirkan juga untuk verifikasi dan validasi hasil survei lapangan. Tahun ini sebanyak 1000 rumah tangga miskin disurvei untuk mengetahui perubahan kondisi sosial ekonominya.
Diharapkan SUSEE19 ini dapat menjadi pilot project yang nantinya dapat dilanjutkan dalam rangka memperbaiki basis data terpadu di Kota Magelang sehingga kebijakan penanggulangan kemiskinan menjadi lebih berkualitas dan terarah berbasis data.