Jum'at, 4 Oktober 2019

Diskominsta Lakukan Program Pengembangan Data Satistik Bersama Fakultas Ekonomi Untidar

Magelang - Ketersediaan data strategis dan statistik daerah merupakan suatu kebutuhan dinamis yang harus dicukupi secara cepat dan berkesinambungan. Penelitian tidak terlepas dari peran aktif akademisi. Untuk itu, Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang melakukan kerjasama dengan Fakultas Ekonomi Universitas Tidar yang ditandai dengan penandatanganan kesepakatan bersama “Program Pengembangan Data/Informasi Statistik Bagi Mahasiswa Universitas Tidar”, di ruang Dekanat Fakultas ekonomi Universitas Tidar Kota Magelang (16/1).

Perjanjian tersebut merupakan kegiatan Sosialisasi dan Pembinaan Manajemen Data Daerah tahun anggaran 2019 yang ditujukan untuk menyediakan forum sosialisasi dan peningkatan kapasitas pengelolaan statistik bagi stakeholders di Kota Magelang, yang menyasar kepada mahasiswa.

Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang, Catur Budi Fajar Sumarmo mengatakan, adanya kerjasama yang terkait dengan system “Data Go”, pihaknya berharap agar kerjasama yang baik dengan Fakultas Ekonomi yang berkaitan dengan data sektoral, maupun data ekonomi makro.

“Kami ingin data valid, dan sebelum dipublish dapat dikritisi oleh temen temen dari akademisi, serta adanya penambahan modul-modul atau indikator yang perlu kita masukkan dalam sistem “Data Go”, agar nantinya dapat bermanfaat untuk masyarakat, khususnya mahasiswa”, ucap Catur. Kesepakatan ini melahirkan bentuk pembinaan, pengelolaan statistik bagi mahasiswa Untidar dan menghimpun masukan dari Fakultas Ekonomi Untidar terkait kebutuhan data daerah yang belum terpenuhi dalam portal data terbuka Kota Magelang.

 

Dekan Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, Dr. Hadi Sasana, M. Si merasa senang dan menyambut baik adanya kerjasama antara Diskominsta dan Fakultas Ekonomi Universitas Tidar, pihaknya berharap kedepan terdapat peningkatan kerjasama dalam bidang penelitian, pendidikan dan juga pengabdian sesuai dengan salah satu Misi Untidar yaitu melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi yang didasari pendekatan riset.

“Kami membutuhkan praktisi yang memberikan wawasan kepada mahasiswa, jadi mahasiswa tidak hanya teoritis tetapi juga mengerti dunia praktek, selain itu mahasiswa pasti akan melakukan penelitian sehingga kami sangat berharap kerjasama ini dapat mempermudah dalam mengeksplore, mengkaji dan juga mencari data. (Ret/Diskominsta)