Senin, 17 Februari 2020

Forum Data Kota Magelang: Data Sebagai Referensi Utama Perencanaan Pembangunan

Kesuksesan pengelolaan data sektoral di Kota  Magelang telah banyak menuai apresiasi dan prestasi dari berbagai pihak. "Data sebagai referensi utama perencanaan pembangunan, harus terus dikelola dengan optimal sehingga validitas dan pemanfaatannya terjaga dengan baik", ucap Kepala Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Magelang, Drs. Suryantoro saat membuka Forum Data Kota Magelang 2020 di Borobudur Golf, selasa (11/02/2020).

Forum data yang dilaksanakan empat kali dalam setahun ini mengangkat tema “dengan data, fakta berbicara lebih nyata”, yang dihadiri para produsen data sektoral tiap OPD, instansi vertikal, lembaga swasta dan institusi pendidikan se-Kota Magelang yang berjumlah 59 orang. Kepala Bidang Statistik dan Persandian Diskominsta Kota Magelang, Wahyu Tri Prasetyo, ST., M.T berharap forum ini dapat digunakan untuk membangun komitmen bagi kemajuan Satu Data Indonesia. 

Kemitraan yang harmonis dari wali data yaitu Diskominsta Kota Magelang dan para produsen data sangat dibutuhkan dalam penentuan keberhasilan kebijakan berbasis data di Kota Magelang. Untuk itu pihaknya terus menjaga dan meningkatkan kapasitas pengelolaan data serta kedisiplinan dalam menginput data pada DataGO. Kepala Seksi IPDS BPS Kota Magelang, Ahmad Yaskur, SSi, M.Si menilai forum data Kota Magelang terutama pengelola datanya dapat dikatakan maju diantara Kota/ Kabupaten lainnya di JawaTengah.
“Kami mengapresiasi kordinasi data sektoral Kota Magelang bisa dikatakan bagus. Diskominsta sebagai wali data sudah menjalankan fungsinya dengan baik dan benar”, ucap Ahmad. Ahmad berpesan kepada para produsen data untuk tetap menjaga dan meningkatkan kualitas data, “Kami berharap data yang disediakan mampu menyajikan variasi data yang lebih lengkap sesuai dengan kebutuhan data yang ada di masyarakat”, imbuhnya.